Kurikulum D3 Manajemen Informatika
Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi.
Kurikulum seharusnya memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi. Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.
Kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.
Kompetensi Lulusan
Kompetensi utama lulusan Program Studi Manajemen Informatika adalah:
- Mampu menggunakan program/aplikasi/software/perangkat lunak yang diperlukan untuk penyelesaian pekerjaan
- Mampu membuat/memodifikasi/mengembangkan aplikasi/program yangs sesuai dengan proses bisnis yang dibutuhkan user
- Mampu menghasilkan rancangan program/aplikasi yang menjawab kebutuhan pemecahan masalah maupun pengambilan keputusan baik berbasis desktop, web atau mobile
- Mampu Menerjemahkan/mengimplementasikan rancangan yang dibuat oleh analis system ke dalam bentuk program/aplikasi berbasis desktop, web atau mobile
- Memiliki pengetahuan konsep teoritis dasar dan mampu mengimplementasikan teknologi informasi serta menerapkan pengetahuan praktis secara kreatif dan inovatif di masyarakat.
- Memiliki pengetahuan konsep teoritis dasar dan mampu melakukan analisis dasar, perancangan, implementasi, serta pengujian sederhana terhadap suatu program/aplikasi
- Memiliki pengetahuan konsep teoritis dasar dan kemampuan dasar pemrograman, perancangan basis data, jaringan dan desain
- Mampu menyiapkan laporan tertulis tentang hasil pekerjaan baik yang menjadi tanggung jawabnya sendiri maupun menjadi tanggung jawa kelompok kerja (team work), mengenai analisis, desain, rancangan maupun implementasi suatu program/aplikasi.
Kompetensi pendukung lulusan Program Studi Manajemen Informatika antara lain:
- Memiliki karakter yang islami, jujur, mandiri, bertanggung jawab, taqwa, serta cerdas tanggap kepada perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi;
- Memiliki wawasan pendidikan moral dalam perspektif kemuhammadiyahan melalui penggunaan bahasa yang santun;
- Memahami norma yang berlaku di masyarakat (institusi atau umum) dalam berkarya di tingkat regional, nasional dan internasional;
- Memiliki semangat dan motivasi untuk melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat guna pengembangan karir
- Memiliki kemampuan berinteraksi dan berkomunikasi secara efektif, baik secara ilmiah maupun secara praktis dalam berbagai situasi dan kondisi;
- Memiliki rasa tanggung jawab, jiwa pengabdian dan patriotisme kepada bangsa dan negara;
- Memiliki kemampuan bekerjasama dalam kelompok yang bersifat multi disiplin.
Kompetensi lainnya Program Studi Manajemen Informatika antara lain:
- Memiliki pengetahuan konsep teoritis dasar dan mampu mengkomunikasikan ide perancangan sistem dan hasil rancangannya kepada team work baik secara verbal maupun tulisan.
- Mampu menyesuaikan diri dengan cepat di lingkungan kerjanya dan dapat bekerjasama dalam kerja kelompok (team work)
- Mampu menerapkan teknik-teknik berkomunikasi secara efektif.
- Mampu menerapkan etika pergaulan di bidang bisnis dan praktif professional dalam bekerja
- Mampu melakukan evaluasi terhadap pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya sendiri
- Mampu melakukan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya sebagai pimpinan kelompok kerja (team work)
- Kritis, kreatif, inovatif dan disiplin yang tinggi yang kedepannya diharapkan mampu membuka lapangan pekerjaan baik secara mandiri atau kelompok.
- Mampu belajar secara sistematis dan logis
- Mampu melakukan supervise dan evaluasi terhadap pekerjaan yang menjadi tanggung jawab kelompok kerja (team work) yang dipimpinya.
Berikut daftar mata kuliah di D3 Manajemen Informatika.
Smt |
Kode MK |
Nama Mata Kuliah |
Bobot SKS untuk |
|
Kuliah |
Praktikum/Praktek |
|||
I |
FT 001 |
Bahasa Inggris |
2 |
|
|
MI 001 |
Pengantar Ilmu Komputer |
2 |
|
|
MI 002 |
Manajemen Bisnis |
2 |
|
|
MI 003 |
Pengantar Ekonomi Terapan |
2 |
|
|
MI 004 |
Algoritma Pemrograman |
1 |
|
|
MI 005 |
Praktikum Algoritma dan Pemrograman |
|
3 |
|
MI 006 |
Teknologi Perkantoran |
1 |
|
|
MI 007 |
Praktikum Teknologi Perkantoran |
|
3 |
|
MI 008 |
Teknologi Multimedia |
1 |
|
|
MI 009 |
Praktikum Teknologi Multimedia |
|
3 |
|
UMU 001 |
Pendidikan Agama Islam |
2 |
|
|
UMU 011 |
Matematika |
2 |
|
II |
MI 010 |
Riset Operasional |
2 |
|
|
MI 011 |
Sistem Operasi |
1 |
|
|
MI 012 |
Praktikum Sistem Operasi |
|
3 |
|
MI 013 |
Sistem Informasi Manajemen |
3 |
|
|
MI 014 |
Pemrograman Berorientasi Obyek |
1 |
|
|
MI 015 |
Praktikum Pemrograman Berorientasi Obyek |
|
3 |
|
MI 016 |
Basis Data |
1 |
|
|
MI 017 |
Praktikum Basis Data |
|
3 |
|
MI 018 |
Pengembangan Aplikasi Game |
1 |
|
|
MI 019 |
Praktikum Pengambangan Aplikasi Game |
|
3 |
|
UMU 006 |
Kemuhammadiyahan |
2 |
|
III |
MI 020 |
Jaringan Komputer |
1 |
|
|
MI 021 |
Praktikum Jaringan Komputer |
|
3 |
|
MI 022 |
Sistem Informasi Akuntansi |
1 |
|
|
MI 023 |
Praktikum Sistem Informasi Akuntansi |
|
3 |
|
MI 024 |
Keamanan Komputer |
1 |
|
|
MI 025 |
Praktikum Keamanan Komputer |
|
3 |
|
MI 026 |
Struktur Data |
1 |
|
|
MI 027 |
Praktikum Struktur Data |
|
3 |
|
MI 028 |
Pemrograman Berbasis Web |
1 |
|
|
MI 029 |
Praktikum Pemrograman Berbasis Web |
|
3 |
|
MI 030 |
Pemrograman Basis Data |
1 |
|
|
MI 031 |
Praktikum Pemrograman Basis Data |
|
3 |
IV |
MI 032 |
Analisa Design Berorientasi Obyek |
3 |
|
|
MI 033 |
Statistika dan Probabilitas |
3 |
|
|
MI 034 |
Pemrograman Aplikasi Mobile |
1 |
|
|
MI 035 |
Praktikum Pemrograman Aplikasi Mobile |
|
3 |
|
MI 036 |
Teknologi Komputer Terbarukan |
1 |
|
|
MI 037 |
Praktikum Teknologi Komputer Terbarukan |
|
3 |
|
MI 039 |
Metode Penelitian dan Penulisan Ilmiah |
2 |
|
|
MI 042 |
Topik Khusus Pemrograman Jaringan |
2 |
|
|
MI 043 |
Topik Khusus Sistem Operasi Lanjut |
2 |
|
|
MI 045 |
Topik Khusus Pemrograman API |
2 |
|
|
MI 046 |
Topik Khusus Pemrograman Framework |
2 |
|
|
MI 048 |
Topik Khusus Basis Data Lanjut |
2 |
|
|
MI 049 |
Topik Khusus Manajemen Proyek Perangkat Lunak |
2 |
|
|
UMU 007 |
Iptek dalam Perspektif Islam |
2 |
|
V |
FT 003 |
Praktek Kerja Lapangan |
3 |
|
|
MI 038 |
Proyek Perangkat Lunak |
3 |
|
|
MI 040 |
Proposal Tugas Akhir |
1 |
|
|
MI 044 |
Topik Khusus Keamanan Jaringan |
2 |
|
|
MI 047 |
Topik Khusus Pemrograman Web Lanjut |
2 |
|
|
MI 050 |
Topik Khusus Tata Kelola Teknologi Informasi |
2 |
|
|
UMU 008 |
Pendidikan Kewarganegaraan |
2 |
|
|
UMU 009 |
Bahasa Indonesia |
2 |
|
|
UMU 010 |
Pendidikan Pancasila |
2 |
|
VI |
FT 002 |
Technoprenour |
2 |
|
|
MI 041 |
Tugas Akhir |
4 |
|
Total SKS |
68 |
45 |